6 Kriteria Ini Membuat Anda Para Lelaki Tidak Akan Salah Dalam Memilih Perempuan Untuk Dijadikan Sebagai Istri

6 karakter perempuan yang tidak baik untuk dijadikan sebagai istri




Assalamuaalaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sodara Semua-Menikah adalah jalan terbaik dua insan anak maunusia untuk mewujudkan rasa cinta yang bergejolak dalam hati mereka, untuk mencari kebahagiaan dan untuk melestarikan keturunan. Kita semua  yakin  akan keinginan kita  untuk memilih pasangan itu haruslah yang baik budipekertinya, akhlaknya, agamanya apa dan pasti  bisa menyenangkan hati kita.

Dalam kitab Ihya Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali yang sangat fenomenalnya, beliau memberikan beberapa tips agar kita  semua tidak salah memilih perempuan  untuk dijadikan sebagai istri.

Dibawah ini ada beberapa kriteria perempuan yang tidak baik untuk dijadikan  sebagai istri :  



1. Al-Ananah
Al-Ananah (suka mengeluh) adalah perempuan yang banyak mengeluh dan mengadu, selalu membalut kepalanya sebagai tanda sakit. Ini dilakukan untuk memberitahu kepada orang-orang bahwa dia merasa terbebani dengan tugasan hariannya  karena malas atau memang sifat bawaan yang dimilikinya. Perempuan seperti ini bawaannya  suka mengeluh walaupun disebabkan perkara kecil. Perempuan tersebut berpura-pura sakit supaya suaminya tidak membebaninya dengan tugas harian. Menikahi perempuan yang sengaja buat-buat sakit tidak ada faedah sama sekali.

2. Al-Mananah
Al-Mananah yaitu perempuan yang memberikan sesuatu kepada suaminya  tetapi suka mengungkit-ungkit pemberian tersebut. Seringkali saat berbicara dia selalu mengungkitnya, lebih-lebih lagi saat terjadi suatu masalah, dia selalu merasa bahwa pemberian suaminya tidak sebanding dengan apa yang telah diberikannya.

3. Al-Hananah
Al-Hananah adalah perempuan yang suka merindui, mengungkit-ungkit dan mengingati bekas suami atau anaknya dari suaminya dulu. (Perempuan seperti ini tidak akan menghargai suaminya walaupun suaminya berusaha memuaskan segala kemauannya).

4. Al-Haddaqah
Al-Haddaqah yaitu perempuan yang menginginkan apa saja yang dilihatnya saat berbelanja (boros) sehingga membebankan dan memberatkan suaminya dalam ekonomi.

5. Al-Baraqah
Al-Baraqah mempunyai dua makna. Pertama, suka berhias sepanjang waktu (melampau atau melebihi  batas wajar) supaya wajahnya nampak lebih anggun dan mempersona. Kedua, perempuan yang tidak mau makan dalam keramaian, dan dia tidak akan makan kecuali jika sendirian, dia juga akan menyimpan bagian tertentu untuk dirinya sendiri.

6. Al-Syaddaqah
Al-Syaddaqah adalah perempuan yang banyak berbicara, melebihi kadar keperluan lebih-lebih berbicara hal yang tidak penting. Suka mengupat siapa saja bahkan suaminya sendiri. Sebagaimana sabda Nabi saw, bahawa Allah murka kepada wanita yang banyak bicara hal yang tidak penting. Wallahua'lam.

Referensi: Ihya Ulumiddin juz 2 hal 61 cet I maktabah mesir tahun 2013


0 Response to "6 Kriteria Ini Membuat Anda Para Lelaki Tidak Akan Salah Dalam Memilih Perempuan Untuk Dijadikan Sebagai Istri "

Total Pageviews